20 FAKTA MENARIK TENTANG PLAYSTATION


    1. Seorang insinyur Sony ternama Ken Kutaragi yang juga dikenal luas sebagai bapak PlayStation berhasil memulai karir dunia video gamenya dengan merancang perangkat chip SPC700 untuk Super Nintendo Entertainment System (SNES).
    2. Pada tahun 1991, pihak Sony membeberkan bahwa pengerjaan versi baru dari SNES berupa CD-ROM yang akhirnya dikenal dengan ‘PlayStation’. Sayangnya, pihak Nintento mengundurkan diri dari kerjasamanya sehingga membuat sang Presiden Sony, Norio Ohga marah besar dan menginstruksikan Ken Kutaragi untuk tetap fokus pada teknologi baru tersebut. Konsol PlayStation tersebut dirilis di Jepang pada tahun 1993 dengan diberi nama PS-X.
    3. Pada awal tahun 90-an, pihak Sony juga mengumumkan bahwa pihaknya akan mengembangkan sebuah konsol modern bersama pihak Sega dari Amerika. Hal ini dikarenakan tim pengembang software AS, Sony Imagesoft telah membuat game untuk konsol Sega Mega CD. Namun sayangnya, manajer Sega Jepang menolak keras untuk mempertimbangkan kesepakatan tersebut.
    4. Pada tahun 80-an dan awal 90-an, sebagian besar konsol dihadirkan dengan stik yang berbentuk datar dan ramping. Namun Teiyu Goto (sang pencipta ikon stik PlayStation) merasa bahwa desain stik 3D sangat cocok dengan visual game 3D. Sebagian besar manajer Sony tidak menyetujui konsep tersebut, tetapi Goto mendapat dukungan penuh dari Presiden Sony Norio Ohga. Ogha sangat menyukai konsep yang diajukan Goto karena bentuk stik tersebut mengingatkannya dengan sebuah kontrol pesawat terbang.
    5. Goto juga membuang ikon tradisional yang terdapat pada tombol stik seperti label atau huruf berurutan dan digantikan dengan menggunakan 4 simbol. Simbol ‘Segitiga’ melambangkan pandangan pemain, simbol ‘Persegi’ melambangkan selembar kertas (opsi menu), serta simbol ‘O dan X’ yang melambangkan ya/tidak. Konsep ini sangat jauh berbeda dengan dunia Barat, karena timbol X menurut mereka melambangkan ‘de facto’ (bergerak maju atau tindakan).
    6. Pihak Sony telah memperbaharui hardware PlayStation selama beberapa kali selama masa hidupnya, seperti menghapus fitur yang sudah tidak berfungsi guna mengurangi biaya produksi. Sebelumnya, model SCPH-1001 menampilkan secara terpisah RCA untuk video dan suara dan hal tersebut merupakan salah satu audio CD terbaik yang pernah dibuat Sony.
    7. PlayStation sudah beberapa kali mengganti model stik selama masa hidupnya, termasuk stik unggulannya yaitu PlayStation Analog Joystick yang dirilis pada tahun 1996 yang umumnya dipakai oleh para gamers didalam permainan perang dan strategi. Stik ini juga digunakan pihak ketiga untuk memainkan game pancing ikan dan pihak Namco NeGcon juga mengeluarkan stik yang serupa dengan PlayStation guna memainkan permainan balap.

    1. Pada awalnya, PlayStation diluncurkan dengan harga ¥ 37.000 dan hanya 100.000 unit yang dikhususkan untuk didistribusikan ke 4.000 toko di seluruh Jepang. Tak lama kemudian disusul 200.000 unit lagi dan terjual habis sebelum akhir bulan. Namun, konsol Saturnus yang merupakan mahakarya Sega berhasil mengungguli konsol Sony dalam hal penjualan terlaris. Konsol Saturnus berhasil terjual 200.000 unit selama 22 hari sejak peluncurannya di bulan November 1995.
    2. Terdapat 8 game PlayStation yang tersedia di hari peluncuran pertamanya, seperti 2 game Mah Jong, simulator kereta api, simulator menembak, versi arcade Namco, dan balap mobil Ridge Racer. Saat perilisan game menembak klasik yang disebut Galaxian, sang produser Yozo Sakagami mengadakan sebuah sayembara yang menarik saat itu; ia mengatakan jikalau siapapun gamers yang berhasil menembak semua alien tanpa terkena serangan, gamers tersebut akan dihadiahi seunit mobil.
    3. Game pertama yang dikembangkan pihak Sony adalah Toon Grand Prix dan tak lama kemudian, hak ciptanya dibeli oleh Polyphony Digital yang kemudian dirilis ulang menjadi game legendaris, Gran Turismo.
    4. Pada tahun 1994, Namco pernah mengembangkan sebuah game arcade bernama System 11 yang didasarkan oleh prototype spesifikasi PlayStation. Judul game pertama yang menggunakan hal tersebut ialah game pertarungan Tekken, yang berasal dari program uji coba untuk mengeksperimen karakter dengan tekstur polygonal. Hal inilah yang nantinya akan menjadi kunci utama PlayStation.
    5. PlayStation merupakan konsol kedua yang menawarkan sistem Memory Card eksternal kepada para gamers untuk menyimpan permainan. Konsol pertama yang menawarkan sistem tersebut adalah mesin SNK Neo Geo yang diluncurkan pada tahun 1990. Namun kapasitas ruang penyimpanan Memory Card pada konsol Neo Geo hanya sebesar 2kb, sedangkan konsol PlayStation berkapasitas 128kb yang nantinya dipisahkan menjadi 15 ruang penyimpanan.
    6. Sebelum meluncurkan PlayStation di tanah AS pada tahun 1995, Presiden Atari Sam Tramiel pernah mengancam PlayStation akan melaporkan aksinya ke Komisi Perdagangan Internasional jika merilis konsol dengan harga dibawah US$ 300. Tramiel mencari segala cara untuk mempertahankan konsol andalannya, Jaguar dan berkata “Jika anda tidak dapat merayu konsumen Jepang dengan membayar harga dollar, pihak Sony mensubsidi produknya dan memasukkannya ke Amerika Serikat dengan nilai US$ 249. Hal ini akan membunuh produsen game AS dan jelas melanggar hukum”. Sony seakan-akan acuh tak acuh dan tetap memasarkan produknya senilai US$ 299.
    7. Pada tahun 1997, Sony merilis Net Yaroze – sebuah versi yang dapat diprogram dari PlayStation sehingga memungkinkan gamers untuk membuat permainannya sendiri.
    8. Pada tahun 1997, terdapat variasi langka PlayStation yang disebut “debug” dan hanya dipasarkan di Asia yang memungkinkan para gamers untuk memutar format film VCD.

sony-playstation-logo_130124125802

  1. Pada tahun 2013, pihak Sony mengirimkan satu unit PS-X Emas kepada pencipta game Minecraft, Markus Perrson sebagai undangan dalam acara VIP-nya pada konferensi game E3.
  2. Iklan klasik PlayStation TV berjudul “Double Life” diciptakan oleh agen periklanan TBWA yang ternyata masuk kedalam Clio Hall of Fame pada tahun 2007. Iklan ini disutradarai oleh Frank Budgen yang dimana nantinya iklan tersebut merupakan cikal bakal iklan “Mountain” di PlayStation2.
  3. PSone dirilis pada Juli 2000 dengan bentuk yang lebih kecil dan lebih murah dibandingkan seri PlayStation sebelumnya dan berhasil terjual hingga 28 juta unit. Selama tahun 2000-an, konsol ini merupakan konsol tersukses di dunia.
  4. Selama ini, game terlaris PlayStation adalah game balap simulator berjudul Gran Turismo yang dimana CD-nya telah terjual lebih dari 10 juta keping. Lalu diikuti oleh game Final Fantasy VII, seri Resident Evil, Tekken 3, Tomb Raider dan Crash Bandicoot.
  5. Pada tahun 1998, PlayStation telah mencapai rekor penjualan sebanyak 50 juta unit dan rekor tersebut merupakan angka dua kali lipat sejak 10 tahun peluncuran perdananya di Jepang. PlayStation adalah konsol game pertama di dunia yang pernah menjual unitnya lebih dari 100 juta unit. Penerusnya, PlayStation2 yang diluncurkan di Jepang pada bulan Maret 2000 telah mencapai penjualan unit sebanyak 100 juta unit hanay dalam waktu 5 tahun.